Thursday 1 July 2010

Salah Beli

Pernahkah kalian membeli sesuatu karena ngga enak hati sama si pelayan yang udah sabar hati melayani kita dalam memilih? Kalau belum pernah, silahkan baca tulisan ini. 
Hari ini saya pergi ke salah satu tempat perbelanjaan. Berangkat ke sana sendirian, tapi udah janji ketemuan sama sahabat saya. Sahabat saya pergi dengan tantenya yang kebetulan juga akan pergi membawa dua orang anaknya. Singkat cerita, setelah saya ketemu sahabat saya beserta tantenya, kamipun berpisah sama tante dan dua anaknya. Kami sebenarnya cuma mau jalan-jalan aja, tapi karena Ibu saya titip dibelikan beberapa barang, jadi kami putuskan untuk belanja juga. Saya kemudian ingat mau beli sesuatu yang kemarin itu udah direncanakan dibeli kalo saya ada pergi ke swalayan atau tempat-tempat yang menjual barang yang saya mau itu. Pergilah dua orang sahabat ini ke counter barang itu. Lihat yang ini, pegang yang itu, sampai akhirnya ada pelayan yang datang menawarkan barang sejenis yang ada diskonnya. Nah, seperti biasa pula saya pasti tertarik sama barang yang diberi label diskon. Maklum aja, kalo ada yang diskon dan bagus kenapa harus beli yang mahal? Hehehehe...  Diskonnya memang ngga sampai setengah, tapi harga  dan diskon yang diberikan membuat saya  merasa tertarik. Pilih ini itu, lihat ukuran dan warna, tanya ini itu, saya pun memilih satu. Kemudian si pelayan bilang kalo barang yang saya beli ini harus dibayar di tempat dan harga sekian rupiah. Saya sedikit terkejut saat si pelayan menyebutkan nominal harga barang yang saya pilih tadi, karena ternyata saya salah harga!!! Ternyata harga yang saya lihat itu adalah harga sesudah diskon... Harga sebelum diskon ada di belakangnya, saya tidak melihatnya... Saya tidak protes, karena si pelayan tidak salah sedikitpun. Saya keluarkan uang dalam jumlah tersebut dengan perasaan bersalah pada diri sendiri.

Barang itu sudah ada di rumah saya sekarang, tapi saya sedikit kesal pada diri sendiri yang kurang cermat dalam melihat sesuatu... Bayangkan saja, tadi niat saya membeli sesuatu yang tidak cukup mahal tapi lebih dari satu, karena sebenarnya sekarang saya perlu barang tersebut dalam bentuk kuantitas, bukan kualitas... Bukan mengabaikan kualitas juga, tapi sekarang ini saya perlu barang itu dalam jumlah yang lumayan banyak. Masalahnya di sini, uang yang saya keluarkan untuk satu barang itu tadi, ternyata bisa membeli barang yang sama dengan kualitas yang sedikit di bawah tapi dalam jumlah yang lebih dari satu...

Sampai sekarang, saya masih sedikit geli mengingat kejadian tadi... Saya gak berani membatalkan pembelian karena pelayannya sabar melayani saya yang banyak bertanya... Saya jadi berfikir, kalo tadi si pelayan ngga ramah, mungkin saya bisa saja membatalkan pembelian barang itu... :) :) :)

1 comment:

Windi Siregar said...

tu lha puaann... udah semangat membara, salah liat harga pulak...cak ingat2 dulu... jangan2 puan lupa sedekah :p